Thursday 15 March 2012

Komponen Sistem Pembelajaran

Sebagai sebuah sistem, proses pembelajaran memiliki beberapa komponen yang satu dengan yang lain saling berinteraksi dan berinterelasi. Komponen-komponen tersebut adalah :
1. Tujuan
Tujuan merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran, karena tujuan mengandung arah pembelajaran. Tujuan menentukan kondisi siswa yang ingin dibentuk melalui proses tersebut. Tujuan dalam proses pembelajaran menempati posisi yang sangat penting, bagaikan jantung pada tubuh manusia. Ia merupakan komponen yang pertama dan utama dalam sistem pembelajaran. Indonesia, saat ini dengan KTSP nya mejadikan kompetensi sebagai tujuan, artinya bahwa tujuan yang diharapkan adalah siswa dapat menguasai sejumlah kompetensi yang tergambar dalam kompetensi dasar maupun dalam standar kompetensi. Kompetensi, menurut W. Gulo (2002) dipahami dengan kemampuan yang tampak atau sering disebut dengan performance. Performance (penampilan) dapat berbentuk tingkah laku yang dapat didemonstrasikan, dapat diamati, dilihat, dan dirasakan, dan dapat dalam bentuk yang tidak dapat dilihat, yang disebut kompetensi rasional yaitu kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kedua bentuk kompetensi tersebut saling berkaitan, yaitu bahwa kemampuan performance berkembang manakala kemampuan rasional meningkat. seorang berpengetahuan luas, akan menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan yang berpengetahuan sedikit.
2. Isi atau Materi Pelajaran
Dalam konteks tertentu materi pelajaran merupakan inti dalam proses pembelajaran, artinya sering terjadi proses pembelajaran diartikan sebagai proses penyampaian materi, yaitu apabila tujuan pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran. Dalam kondisi ini peran guru adalah sebagai sumber belajar, sehingga penguasaan materi menjadi tuntutan mutlak bagi guru. Adapun dalam setting pembelajaran berbasis kompetensi, tugas dan tanggung jawab guru bukan sebagai sumber belajar, karena itu materi pembelajaran seharusnya diambil dari berbagai sumber.
3. Strategi atau Metode
Keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran sangat ditentukan oleh komponen ini, karena bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi dan metode yang tepat, komponen-komponen tersebut dapat kehilangan makna dalam proses mencapai tujuan.
4. Alat dan Sumber
Meski sebagai alat bantu, komponen ini juga memiliki peran yang penting, apalagi dalam zaman dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, alat-alat dan sumber sebagai hasil teknologi, memungkinkan siswa belajar dari mana saja dan kapan saja. Bahkan dengan adanya kemajuan ini peran guru bergeser dari perannya sebagai sumber belajar menjadi sebagai pengelola pembelajaran. Dengan penggunaan berbagai sumber ini kualiatas pembelajaran menjadi semakin meningkat.
5. Evaluasi
Evaluasi tidak hanya berfungsi untuk melihat keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, tetapi juga berfungsi sebagai umpan balik bagi guru atas kenerjanya dalam mengelola pembelajaran. Melalui evaluasi dapat dilihat kekurangan dalam pemanfaatan berbagai komponen sistem pembelajaran.
Analisis terhadap kelima komponen tersebut akan sangat membantu dalam memprediksi keberhasilan proses pembelajaran.

0 komentar:

Post a Comment