A. Pengertian Sistem Pembelajaran
Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk mencapai suatu hasil yang diharapkan secara optimal sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan. Sistem memiliki karakteristik sebagai berikut :
pertama, setiap sistem pasti memiliki suatu tujuan
kedua, sistem selalu mengandung suatu proses
Sistem bukan hanya merupakan cara, tetapi ia mencakup keterlibatan seluruh komponen-komponen pembentuknya, yang diarahkan untuk mencapai tujuan. Suatu sistem memiliki ukuran dan batas relatif. Dapat terjadi suatu sistem tertentu pada dasarnya merupakan subsistem dari suatu sistem yang lebih luas.
Pembelajaran yang dilaksanakan seorang pendidik, pada dasarnya adalah sebuah sistem, karena pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bertujuan, yaitu kegiatan untuk membelajarkan peserta didik. Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang melibatkan berbagai berbagai komponen.Hal ini perlu dipahami, karena melalui pemahaman terhadap sistem pembelajaran, minimal guru akan memahami tentang tujuan pembelajaran atau hasil yang diharapkan, proses kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan, pemanfaatn setiap kmponen dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana mengetahui keberhasilan pencapaian tersebut.
Pemahaman terhadap sistem juga bermanfaat untuk merancang atau merencanakan sustu proses pembelajaran. Perencanaan sendiri adalah merupakan proses dan cara berpikir yang dapat membantu menciptakan hasil yang diharapkan (Ely (1979) dalam Sanjaya (2008). Proses perencanaan pembelajaran yang sistematis memiliki beberapa keuntungan antara lain :
Melalui sistem perencanaan yang matang guru akan terhindar dari keberhasilan secara untung-untungan.
Melalui sistem perencanaan yang sistematis, setiap guru dapat menggambarkan berbagai hambatan yang mungkin akan dihadapi sehingga dapat menentukan berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Melalui sistem perencanaan, guru dapat menentukan berbagai langkah dalam memanfaatkan berbagai sumber dan fasilitas yang ada untuk ktercapaia
About
About This Blog
Labels
- Desain Kurikulum
- Evaluasi Implementasi KTSP
- Evaluasi Implementasi Kurikulum
- Evaluasi KTSP
- Evaluasi Pengembangan KTSP Suatu Kajian Konseptual
- Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran
- Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran (part 2)
- Hakikat Kurikulum
- Hakikat Pengembangan kurikulum
- IMPLEMENTASI KURIKULUM
- Komponen KTSP
- Landasan filosofis
- Landasan IPTEK pengembangan kurikulum
- Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum
- Landasan Sosial Budaya Pengembangan Kurikulum
- MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
- Pembelajaran
- Pendekatan Pengembangan Kurikulum
- Pengembangan Dokumen Dua KTSP
- Pengertian dan Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Pengertian Kurikulum
- Peran dan Fungsi Kurikulum
- Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
- Prinsip-Prinsip Pengembangan KTSP
- Proses Penyusunan KTSP
- TUJUAN KTSP
Tuesday, 13 March 2012
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blogroll
Popular Posts
-
3. Landasan Sosial Budaya Kurikulum merupakan suatu rancangan pendidikan. Sebagai suatu rancangan, kurikulum memiliki peran dalam mengarahka...
-
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN Kurikulum adalah rencana tertulis berisi ide-ide dan gagasan-gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum. R...
-
Kata pembelajaran merupakan terjemahan dari kata instruction . Istilah ini banyak dipakai dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat. Berkem...
-
PENGERTIAN KURIKULUM Istilah Kurikulum kali pertama digunakan dalam dunia olahraga pada zaman Yunani kuno. Kurikulum berasal dari kata Cur...
-
A. Pengertian Sistem Pembelajaran Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk me...
-
A. Pendekatan Pengembangan Kurikulum Pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang seseorang terhadap suatu proses tertentu. Sehingga...
-
LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 1. LANDASAN FILOSOFIS Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendi...
-
Model-Model Pengembangan Kurikulum Menurut Good (1972) dan Travers (1973) model adalah abstraksi dunia nyata atau representasi peristiwa kom...
-
2. Mengajar merupakan Proses Mengatur Lingkungan Pandangan mengajar sebatas menyampaikan ilmu pengetahuan saat ini dianggap sudah tidak se...
-
PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan . Di dalamnya tid...
0 komentar:
Post a Comment