HAKIKAT PENGEMBANGAN KURIKULUM
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan . Di dalamnya tidak hanya mengandung rumusan tujuan yang harus dicapai, tetapi juga pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap anak didik. Begitu pentingnya fungsi dan peran kurikulum dalam menentukan keberhasilan pendidikan, karena itu kurikulum harus dikembangkan dengan fondasi yang kuat.
Pengembangan kurikulum pada hakekatnya adalah proses penyusunan rencana tentang isi dan bahan pelajaran yang harus dipelajari serta bagaimana cara mempelajarinya. Namun demikian, persoalan mengembangkan kurikulum bukan merupakan hal yang sederhana dan mudah. Menentukan isi atau muatan kurikulum harus berangkat dari visi, misi, serta tujuan yang ingin dicapai, sedangkan menentukan tujuan yang ingin dicapai erat kaitannya dengan persoalan sistem nilai dan kebutuhan masyarakat.
David Pratt (1980) mengemukakan bahwa istilah lebih mengena dibandingkan dengan pengembangan yang mengandung konotasi bersifat grradual. Desain adalah proses yang disengaja tentang suatu pemikiran , perencanaan dan penyeleksian bagian-bagian, tehnik dan prosedur yang mengatur suatu tujuan atau usaha. Dengan pengertian tersebut, pengembangan kurikulum diartikan sebagai proses atau kegiatan yang disengaja dan dipikirkan untuk menghasilkan sebuah kurikulum sebagai pedoman dalam proses dan penyelenggaraan pembelajaran oleh guru di sekolah.
Seller dan Miller (1985) mengemukakan bahwa proses pengembangan kurikulum adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terus menerus, yang meliputi Orientasi, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Seller memandang bahwa pengembangan kurikulum harus dimulai dari menentukan orientasi, yakni kebijakan-kebijakan umum meliputi enam aspek : tujuan pendidikan, pandangan tentang anak, pandangan tentang proses pembelajaran, pandangan tentang lingkungan , konsepsi tentang peranan guru, dan evaluasi. Berdasarkan orientasi selanjutnya dikembangkan kurikulum menjadi pedoman pembelajaran, diimplementasikan dalam bentuk proses pembelajaran dan dievaluasi. Hasil evaluasi tersebut kemudian dijadikan bahan dalam menentukan orientasi, begitu seterusnya, hingga membentuk siklus.
Dari pendapat Seller tersebut, pengembangan kurikulum pada hakekatnya adalah pengembangan komponen-komponen yang membentuk sistem kurikulum itu sendiri serta pengembangan komponen pembelajaran. Dengan demikian maka pengembangan kurikulum memiliki dua sisi yang sama penting. Satu sisi sebagai pedoman yng kemudian membentuk kurikulum tertulis (written curriculum atau document curriculum) dan sisi kurikulum sebagai implementasi (curriculum implementation) yaitu sistem pembelajaran.
Proses pengembangan memiliki pengertian berbeda dengan perubahan dan pembinaan kurikulum. Perubahan kurikulum merupakan kegiatan atau proses yang disengaja manakala berdasarkan hasil evaluasi ada salah satu atau beberapa komponen yang harus diperbaiki atau diubah, sedangkan pembinaan adalah proses untuk mempertahankan dan menyempurnakan kurikulum yang sedang dilaksanakan. Dengan demikian pengembangan menunjuk pada proses merancang sedangkan pembinaan adalah implementasi dari hasil pengembangan.
Dari uraian tersebut disimpulkan bahwa pengembangan dan pembinaan kurikulum merupakan dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan, pengembangan dan implementasi merupakan dua sisi yang harus berjalan seiring sejalan. Makna kurikulum akan dapat dirasakan manakala diimplementasikan, implementasi akan semakin terarah manakala sesuai dengan kurikulum rencana, dan selanjutnya hasil implementasi tersebut selanjutnya akan memberikan masukan untuk penyempurnaan rancangan. Inilah hakekat pengembangan kurikulum yang selalu berputar, berjalan, dan membentuk suatu siklus.
About
About This Blog
Blog Archive
Labels
- Desain Kurikulum
- Evaluasi Implementasi KTSP
- Evaluasi Implementasi Kurikulum
- Evaluasi KTSP
- Evaluasi Pengembangan KTSP Suatu Kajian Konseptual
- Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran
- Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Sistem Pembelajaran (part 2)
- Hakikat Kurikulum
- Hakikat Pengembangan kurikulum
- IMPLEMENTASI KURIKULUM
- Komponen KTSP
- Landasan filosofis
- Landasan IPTEK pengembangan kurikulum
- Landasan Psikologis Pengembangan Kurikulum
- Landasan Sosial Budaya Pengembangan Kurikulum
- MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
- Pembelajaran
- Pendekatan Pengembangan Kurikulum
- Pengembangan Dokumen Dua KTSP
- Pengertian dan Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Pengertian Kurikulum
- Peran dan Fungsi Kurikulum
- Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum
- Prinsip Pengembangan Kurikulum
- Prinsip-Prinsip Pengembangan KTSP
- Proses Penyusunan KTSP
- TUJUAN KTSP
Wednesday, 21 December 2011
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Blogroll
Popular Posts
-
3. Landasan Sosial Budaya Kurikulum merupakan suatu rancangan pendidikan. Sebagai suatu rancangan, kurikulum memiliki peran dalam mengarahka...
-
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN Kurikulum adalah rencana tertulis berisi ide-ide dan gagasan-gagasan yang dirumuskan oleh pengembang kurikulum. R...
-
Kata pembelajaran merupakan terjemahan dari kata instruction . Istilah ini banyak dipakai dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat. Berkem...
-
PENGERTIAN KURIKULUM Istilah Kurikulum kali pertama digunakan dalam dunia olahraga pada zaman Yunani kuno. Kurikulum berasal dari kata Cur...
-
A. Pengertian Sistem Pembelajaran Sistem adalah satu kesatuan komponen yang satu sama lain saling berkaitan dan saling berinteraksi untuk me...
-
A. Pendekatan Pengembangan Kurikulum Pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang seseorang terhadap suatu proses tertentu. Sehingga...
-
LANDASAN PENGEMBANGAN KURIKULUM 1. LANDASAN FILOSOFIS Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendi...
-
Model-Model Pengembangan Kurikulum Menurut Good (1972) dan Travers (1973) model adalah abstraksi dunia nyata atau representasi peristiwa kom...
-
2. Mengajar merupakan Proses Mengatur Lingkungan Pandangan mengajar sebatas menyampaikan ilmu pengetahuan saat ini dianggap sudah tidak se...
-
PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam sistem pendidikan . Di dalamnya tid...
0 komentar:
Post a Comment